MEDIA
KOMUNIKASI PUBLIK
“ Proses Komunikasi – pert 1 “
“ Proses Komunikasi – pert 1 “
Pada
program studi D IV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan ( MKTJ ) yang ada
di Kampus Kedinasan PKTJ, kami pada semester empat mulai mendalami tentang ilmu
komunikasi, dimana tujuan kami mempelajarinya itu untuk membiasakan diri dengan
komunikasi karna komunikasi adalah perantara antara kita pengabdi negara untuk
masyarakat itu terjalin secara harmonis.
Sudahkah anda tahu tentang
komunikasi, dan perlu kalian ingat bahwa komunikasi juga mempunyai proses ??
kali ini mari kita belajar sedikit mengenai Proses Komunikasi,
Komunikasi berasal dari bahasa latin
communis yang berarti sama communico, communicato atau communicare yang berarti
membuat sama, secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan
antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.
Proses
Komunikasi adalah, bagaimana cara komunikator menyampaikan pesan kepada
komunikanya , sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan
dengan komunikatornya. Tujuan proses komunikasi yaitu, untuk menciptakan
komunikasi yang efektif ( sesuai dengan tujuan komuniasi pada umumnya ). Proses
Komunikasi termasuk juga suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak
kepihak yang lain, seseorang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan
dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar
manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi. Melalui komunikasi
sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak
lain.
Pada proses komunikasi terdapat komponen-komponen dalam
berkomunikasi, antara lain :
1. Komunikator
Komunikator adalah sebagai pengirim
pesan dalam suatu proses komunikasi. Dapat dijelaskan bahwa komunikator
merupakan seorang maupun sekelompok yang berperan sebagai sumber dalam sebuah
hubungan. Seorang komunikator itu bukan hanya sebagai pengirim pesan , namun
komunikator juga memberikan respon dan tanggapan. Dan menerima pertanyaan
maupun masukan dari penerima , dan publik yang terkena dampak dari proses
komunkasi yang berlangsung, baik langsung maupun tidak langsung.
2. Pesan
Pesan, pesan adalaha setiap
pemberitahuan , kata, atau komunikasi baik secara lisan maupun tertulis yang
dikirim dari satu orang ke orang lain. Pesan ini terbagi menjadi dua yaitu
verbal dan non verbal.
3. Penerima ( Komunikan )
Penerima adalah, pihak yang
memperoleh pesan maupun rangsangan yang diberikan oleh komunikator . peran
penerima adalah mencerna dan menanggapi stimulus tersebut dengan alat indra
manusia. Penerima terbagi dua jenis, yaitu penerima aktif dan pasif. Orang dikatakan
penerima aktif apabila penerima menerima stimulus atau pesan yang diberikan
oleh pengirim dan memberikan tanggapan kepada pengirim tersebut, dan sebaliknya
penerima pasif adalah, penerima hanya sekedar menerima pesan tanpa ada
tanggapan maupun masukan kepada pengirim.
4. FeedBack
Feedback/ Timbal balik/ Respon adalah
isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk
verbal maupun non verbal. Tan[pa adanya feedback seorang pengirim pesan tidak
tahu dampak pesanya terhadap sipenerima pesan. Selain itu feeback adalah
sebagai bukti dari hasil apakah pesan sudah dapat diterima oleh penerima dengan
pemahaman yang benar dan tepat. Feedback bermanfaat untuk memberikan informasi
saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkan
kepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan , juga feedback dapat
memperjelas persepsi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar