Minggu, 27 Maret 2016

MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK " Proses Komunikasi - Pert 1"

MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK
“ Proses Komunikasi – pert 1 “

            Pada program studi D IV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan ( MKTJ ) yang ada di Kampus Kedinasan PKTJ, kami pada semester empat mulai mendalami tentang ilmu komunikasi, dimana tujuan kami mempelajarinya itu untuk membiasakan diri dengan komunikasi karna komunikasi adalah perantara antara kita pengabdi negara untuk masyarakat itu terjalin secara harmonis.




            Sudahkah anda tahu tentang komunikasi, dan perlu kalian ingat bahwa komunikasi juga mempunyai proses ?? kali ini mari kita belajar sedikit mengenai Proses Komunikasi,
Komunikasi berasal dari bahasa latin communis yang berarti sama communico, communicato atau communicare yang berarti membuat sama, secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.
         Proses Komunikasi adalah, bagaimana cara komunikator menyampaikan pesan kepada komunikanya , sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Tujuan proses komunikasi yaitu, untuk menciptakan komunikasi yang efektif ( sesuai dengan tujuan komuniasi pada umumnya ). Proses Komunikasi termasuk juga suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak kepihak yang lain, seseorang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi. Melalui komunikasi sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.
Pada proses komunikasi terdapat komponen-komponen dalam berkomunikasi, antara lain :

1.      Komunikator
Komunikator adalah sebagai pengirim pesan dalam suatu proses komunikasi. Dapat dijelaskan bahwa komunikator merupakan seorang maupun sekelompok yang berperan sebagai sumber dalam sebuah hubungan. Seorang komunikator itu bukan hanya sebagai pengirim pesan , namun komunikator juga memberikan respon dan tanggapan. Dan menerima pertanyaan maupun masukan dari penerima , dan publik yang terkena dampak dari proses komunkasi yang berlangsung, baik langsung maupun tidak langsung.

2.      Pesan
Pesan, pesan adalaha setiap pemberitahuan , kata, atau komunikasi baik secara lisan maupun tertulis yang dikirim dari satu orang ke orang lain. Pesan ini terbagi menjadi dua yaitu verbal dan non verbal.

3.      Penerima ( Komunikan )
Penerima adalah, pihak yang memperoleh pesan maupun rangsangan yang diberikan oleh komunikator . peran penerima adalah mencerna dan menanggapi stimulus tersebut dengan alat indra manusia. Penerima terbagi dua jenis, yaitu penerima aktif dan pasif. Orang dikatakan penerima aktif apabila penerima menerima stimulus atau pesan yang diberikan oleh pengirim dan memberikan tanggapan kepada pengirim tersebut, dan sebaliknya penerima pasif adalah, penerima hanya sekedar menerima pesan tanpa ada tanggapan maupun masukan kepada pengirim.

4.      FeedBack
Feedback/ Timbal balik/ Respon adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun non verbal. Tan[pa adanya feedback seorang pengirim pesan tidak tahu dampak pesanya terhadap sipenerima pesan. Selain itu feeback adalah sebagai bukti dari hasil apakah pesan sudah dapat diterima oleh penerima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Feedback bermanfaat untuk memberikan informasi saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkan kepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan , juga feedback dapat memperjelas persepsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar