Jumat, 15 April 2016

MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK "Komunikasi Efektif & Faktor-faktor yang mempengaruhinya-pert 3"



MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK
“ Komunikasi Efektif & Faktor-aktor yang mempengaruhi Kelancara/hambatan Berkomunikasi pert-3 “



Berikut postingan saya yang selanjutnya mengenai Media Komunikasi Publik, kali ini saya akan membahas bagaimana ketika kita dalam berkomunikasi itu , kita dapat mengerti apakah apa yang kita sampaikan dimengerti oleh lawan bicara kita atau sebaliknya, efektif atau tidak? Jika tidak efektif apa penyebabnya? Karna komunikasi bukan ilmu yang gampang, menurut saya omunikasi itu sederhana namun butuh pemikiran khusus agar lebih keliatan manfaatnya.
Langsung saja , Apasih Komunikasi Efektif?


Gambar komunikasi efektif

A.     Pengertian Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif adalah dimana ketika kita berkomunikasi dengan lawan bicara kita terjadi interaksi ,feedback atau umpan balik yang dapat dimengerti oleh pelaku maupun lawan kita saat berkomunikasi. Perlu kalian ketahui bahwa feedback yang kita terima ada 2 macam yaitu penerimaan atau penolakan,  yang saya maksud dalam hal ini ketika kita bicara pendengar mengerti dengan jelas bahwa apa yang kita bicarakan itu salah namun dimngerti oleh pendengar dan pendengar memberikan tanggapan atau sanggahan kepada kita sebagai pembicara/ Komunikator.



Komunikasi adalah bagian penting untuk mempengaruhi orang lain, untuk itu kita harus menggunakan komunikasi secara efektif supaya kita dapat memperoleh apa yang sudah kita inginkan.

Dari semua pengetahuan dan keterampilan yang anda miliki, pengetahuan dan keterampilan komunikasi termasuk kedalam bagian penting dan berguna . ( J.A Devito ,1997).

Dalam Komunikasi Efektif ini disebutkan beberapa pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh komunikator atau pembicara/ pengirim informasi,
Yang pertama Pengetahuan :
a.   Komunikator harus mempunyai pengetahuan tentang gambaran apa yang akan         disampaikan
b.      Komunikator harus mempunyai pengetahuan untuk mengidentifikasi sasaran
c.       Pengetahun tentang Formulasi isi Pesan
d.      Pengetahuan untuk memilih media komunikasi apa yang digunakan
e.      Kredibilitas komunikator , mengetahui masalah dan sangat kompeten pada bidangnya.

Yang kedua adalah Keterampilan :
a.             Mendengarkan
b.            Bertingkahlaku asertif
c.             Situation Reading
d.            Persuasing
e.            Dapat memberikan kesimpulan.


Seorang Komunikator harus mampu , membawa audience kedalam suatu percakapan yang mampu memberikan suatu kenyamanan, kehangatan dan Persahabatan.

Seorang Komunikator harus mengerti betul tentang isi pesan yang disampaikan , harus memenuhi beberapa aspek diantaranya , Isi pesan Valid, Aktual dan Kemasan( dikemas dengan menarik ).

Ketika kita berbicara untuk menciptakan suatu pembicaraan yang efektif kita juga perlu mengetahui tentang komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.
Menurut Albert Mehrabian (1981) , Makna setiap kegiatan komunikasi dihasilkan dari fungsi-fungsi 7% Pernyataan Verbal, 38% bentuk vokal, dan 55% ekspresi wajah.

Dari beberapa pernyataan diatas kita hanya berbicara pada komunikator. Fakta dalam berkomunikasi , manusia itu ketika mendengarkan itu lebih susah dari pada ingin didengarkan.

Komunikan lebih cenderung malas untuk mendengarkan , maka dari itu  untuk terciptanya komunkasi yang efektif.
 

selain komunikator yang harus berpengetahuan dan terampil, komunikan juga harus bisa berperan yaitu dengan menjadi pendengar yang baik. seorang pendengar yang baik bukan sesuatu yang mustahil. Siapapun dapat mengasah keterampilan mendengar mereka. Ada ungkapan, “Mendengar adalah suatu proses yang aktif. Bukan berarti hanya duduk diam serta melotot menatap seseorang.” Belajar keterampilan mendengarkan dengan baik dapat menolong Anda meningkatkan hubungan Anda, memahami orang lain lebih baik, serta meraih sukses lebih besar dalam pekerjaan dan kehidupan. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda menjadi seorang pendengar yang baik.
Bagaimana caranya??
Menurut "6 steps to becoming a great listener" karya Sarah Pickard.
1. Posisi Siap
2. Kontak Mata
3. Mengakui
4. Bertanya
5. peduli
6. Jangan memotong pembicaraan orang lain.

B.     Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran atau hambatan dalam berkomunikasi
Yaitu :
1.       Pengetahuan
2.       Pengalaman
3.       Intelegensi
4.       Kepribadian
5.       Budaya
6.       Biologis
( Kelainan Mulut, Gagap,/ Cadel )
                Maka jika faktor-faktor diatas baik maka dalam berkomunikasi akan terjalin komunaksi yang efektif. Dan sebaliknya apabila faktor-faktor diatas tidak baik maka komunikasi yang berjalan ada resiko bahwa komunikasi tersebut tidak efektif.
Mungkin cukup ini tentang apa itu komunikasi efektif dan faktor-faktor apa yang menghambat dan memperlancar suatu komunikasi. Untuk apa berdoa kalau tida taat, Untuk apa berbicara kalau tidak bermanfaat.

Sumber referensi yang saya dapatkan :
2.       KOMUNIKASI EFEKTIF, EMPATIK, DAN PERSUASIF By: Drs. Sulis Yani Hariyanto, M.Ed (Widyaiswara PPPPTK BOE Malang)
3.      http://chalouiss.blogspot.co.id/2011/12/pengertian-tujuan-bentuk-dan-unsur.html.#sthash.SRZN2y0v.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar