MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK
“ Komunikasi Efektif & Faktor-aktor yang mempengaruhi Kelancara/hambatan Berkomunikasi pert-3 “
“ Komunikasi Efektif & Faktor-aktor yang mempengaruhi Kelancara/hambatan Berkomunikasi pert-3 “
Berikut
postingan saya yang selanjutnya mengenai Media Komunikasi Publik, kali ini saya
akan membahas bagaimana ketika kita dalam berkomunikasi itu , kita dapat
mengerti apakah apa yang kita sampaikan dimengerti oleh lawan bicara kita atau
sebaliknya, efektif atau tidak? Jika tidak efektif apa penyebabnya? Karna komunikasi
bukan ilmu yang gampang, menurut saya omunikasi itu sederhana namun butuh
pemikiran khusus agar lebih keliatan manfaatnya.
Langsung saja , Apasih Komunikasi Efektif?
Gambar komunikasi efektif
A.
Pengertian Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif adalah
dimana ketika kita berkomunikasi dengan lawan bicara kita terjadi interaksi
,feedback atau umpan balik yang dapat dimengerti oleh pelaku maupun lawan kita
saat berkomunikasi. Perlu kalian ketahui bahwa
feedback yang kita terima ada 2 macam yaitu penerimaan atau penolakan, yang saya maksud dalam hal ini ketika kita
bicara pendengar mengerti dengan jelas bahwa apa yang kita bicarakan itu salah
namun dimngerti oleh pendengar dan pendengar memberikan tanggapan atau
sanggahan kepada kita sebagai pembicara/ Komunikator.
Komunikasi adalah bagian penting untuk mempengaruhi
orang lain, untuk itu kita harus menggunakan komunikasi secara efektif supaya
kita dapat memperoleh apa yang sudah kita inginkan.
Dari semua pengetahuan dan keterampilan yang anda
miliki, pengetahuan dan keterampilan komunikasi termasuk kedalam bagian penting
dan berguna . ( J.A Devito ,1997).
Dalam Komunikasi Efektif ini disebutkan beberapa
pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh komunikator atau
pembicara/ pengirim informasi,
Yang pertama Pengetahuan :
a. Komunikator harus mempunyai
pengetahuan tentang gambaran apa yang akan disampaikan
b.
Komunikator harus
mempunyai pengetahuan untuk mengidentifikasi sasaran
c.
Pengetahun tentang
Formulasi isi Pesan
d.
Pengetahuan untuk
memilih media komunikasi apa yang digunakan
e.
Kredibilitas komunikator
, mengetahui masalah dan sangat kompeten pada bidangnya.
Yang kedua
adalah Keterampilan :
a. Mendengarkan
b. Bertingkahlaku asertif
c. Situation Reading
d. Persuasing
e. Dapat memberikan kesimpulan.
a. Mendengarkan
b. Bertingkahlaku asertif
c. Situation Reading
d. Persuasing
e. Dapat memberikan kesimpulan.
Seorang
Komunikator harus mampu ,
membawa audience kedalam suatu percakapan yang mampu memberikan suatu kenyamanan,
kehangatan dan Persahabatan.
Seorang Komunikator harus mengerti betul tentang isi
pesan yang disampaikan , harus memenuhi beberapa aspek diantaranya , Isi pesan
Valid, Aktual dan Kemasan( dikemas dengan menarik ).
Ketika kita berbicara untuk menciptakan suatu
pembicaraan yang efektif kita juga perlu mengetahui tentang komunikasi verbal
dan komunikasi non verbal.
Menurut Albert Mehrabian (1981) , Makna setiap kegiatan komunikasi dihasilkan dari fungsi-fungsi 7%
Pernyataan Verbal, 38% bentuk vokal, dan 55% ekspresi wajah.
Dari beberapa pernyataan diatas kita hanya berbicara
pada komunikator. Fakta dalam berkomunikasi , manusia itu ketika mendengarkan
itu lebih susah dari pada ingin didengarkan.
Komunikan lebih
cenderung malas untuk mendengarkan , maka dari itu untuk terciptanya komunkasi yang efektif.
selain komunikator yang harus berpengetahuan dan terampil, komunikan juga harus
bisa berperan yaitu dengan menjadi pendengar yang baik. seorang
pendengar yang baik bukan sesuatu yang mustahil. Siapapun dapat mengasah
keterampilan mendengar mereka. Ada ungkapan, “Mendengar adalah suatu proses
yang aktif. Bukan berarti hanya duduk diam serta melotot menatap seseorang.”
Belajar keterampilan mendengarkan dengan baik dapat menolong Anda meningkatkan
hubungan Anda, memahami orang lain lebih baik, serta meraih sukses lebih besar
dalam pekerjaan dan kehidupan. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu
Anda menjadi seorang pendengar yang baik.
Bagaimana caranya??
Menurut "6
steps to becoming a great listener" karya Sarah Pickard.
1. Posisi Siap
1. Posisi Siap
2.
Kontak Mata
3.
Mengakui
4.
Bertanya
5.
peduli
6.
Jangan memotong pembicaraan orang lain.
B. Faktor-faktor
yang mempengaruhi kelancaran atau hambatan dalam berkomunikasi
Yaitu :
1.
Pengetahuan
2.
Pengalaman
3.
Intelegensi
4.
Kepribadian
5.
Budaya
6.
Biologis
(
Kelainan Mulut, Gagap,/ Cadel )
Maka
jika faktor-faktor diatas baik maka dalam berkomunikasi akan terjalin komunaksi
yang efektif. Dan sebaliknya apabila faktor-faktor diatas tidak baik maka
komunikasi yang berjalan ada resiko bahwa komunikasi tersebut tidak efektif.
Mungkin cukup ini tentang apa itu komunikasi efektif dan faktor-faktor
apa yang menghambat dan memperlancar suatu komunikasi. Untuk apa berdoa kalau
tida taat, Untuk apa berbicara kalau tidak bermanfaat.
Sumber referensi yang saya dapatkan :
1.
"6
steps to becoming a great listener" karya Sarah Pickard. Oleh :
http://keluarga.com/167/keluarga/6-langkah-untuk-menjadi-seorang-pendengar-yang-baik.
2.
KOMUNIKASI EFEKTIF, EMPATIK, DAN
PERSUASIF By: Drs. Sulis Yani Hariyanto, M.Ed (Widyaiswara
PPPPTK BOE Malang)
3.
http://chalouiss.blogspot.co.id/2011/12/pengertian-tujuan-bentuk-dan-unsur.html.#sthash.SRZN2y0v.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar