Senin, 16 Mei 2016

MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK " Komunikasi Publik dan Massa- pert 4"



Dalam ilmu komunikasi, terkadang kita bingung bagaimana cara kita untuk menerapkan ilmu tersebut. Ketika kita ingin berbicara didepan banyak orang apa yang hendaknya harus kita siapkan. Dan ketika kita akan berbicara dengan jumlah responden yang luas hendaknya apa yang perlu kita perlukan. Teknik komunikasi ini dibedakan menurut target responden dan apa yang diperlukan(alat , media atau yang lainya yaitu , teknik komunikasi publik dan teknik komunikasi massa.

Apa itu komunikasi Publik? Sudahkah anda tahu....?
Dan apakah Komunikasi massa? Mari bersama-sama kita belajar disini.





A.      PENGERTIAN KOMUNIKASI PUBLIK DAN KOMUNIKASI MASA
1.       Komunikasi Publik
Komunikasi Publik adalah komunikasi yang dilakukan didepan banyak orang. Komunikasi ini menyampaikan suatu informasi, ajakan, gagasan. Dengan menggunakan cara orasi pada rapat umum atau aksi demonstrasi , sosialisasi, kampanye keselamatan maupun dakwah islami atau yang lainya. Yang pasti komunikasi publik ini memerlukan keterampilan komunikasi baik lisan maupun tulisan agar pesan yang disampaikan secara efektif dan efisien.
Diatas itu adalah pengertian komunikasi publik, menurut saya.

Bagaimana menurut para ahli??

Hennessy pada tahun 1975
Komunikasi publik/opini publik merupakan suatu kompleksitas pilihan-pilihan yang dinyatakan oleh banyak orang berkaitan dengan sesuatu isu yang dipandang penting oleh umum.”
Menurutnya, defenisi ini relatif lebih bersifat akademik dan berbeda dari definisi-definisi yang pada umumnya yang digunakan oleh para politisi. Ia juga menambahkan bahwa opini publik itu selalu melibatkan banyak orang yang tertarik untuk memikirkan sesuatu isu dalam waktu yang cukup panjang. Meskipun demikian, istilah “publik” sendiri tidak selalu ditentukan oleh banyak jumlah orang yang menganut opini tersebut. Istilah “Publik” justru diukur oleh apakah sesuatu opini itu menyangkut isu publik atau tidak.

Hageman
“Komunikasi publik adalah komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (surat kabar dan majalah) atau elektronik (radio, televisi), yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang yang melembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar di banyak tempat.”

De Vito dalam bukunya yang berjudul “Communicology: An Introduction to The Study of Communication.”
“Komunikasi publik adalah komunikasi yang ditujukan kepada khalayak yang luar biasa banyaknya (termasuk kepada siswa) atau semua orang yang membaca dan menonton. Komunikasi publik adalah komunikasi yang disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio atau visual.”
       
Dari beberapa pendapat tentang komunikasi publik diatas, Komunikasi Publik adalah salah satu tipe dari komunikasi yang menunjukan suatu proses komunikasi dimana pesan yang disampaikan oleh sumber/komunikator di depan khalayak yang lebih besar  atau masyarakat dan dalam situasi tatap muka.

Pengertian Komunikasi Massa,
Severind dan Tandkard, Jr menyebutkan bahwa komunikasi massa adalah keterampilan, seni, ilmu.
Devito bahwa komunikasi massa ditujukan kepada massa dengan melalui media massa dibandingkan dengan jenis-jenis komunikasi lainnya.
Jalaluddin Rakhmat merangkum bahwa komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat (Rakhmat, 2008).

Seperti yang disimpulkan oleh Meletzke (1983), yang dikutip Jalludin Rakhmat dalam bukunya Psikologi Komunikasi:
1.    Komunikasi kita artikan setiap bentuk komunikasi massa yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar.
2.    Komunikasi massa dibedakan dengan komunikasi lainnya dengan suatu kenyataan bahwa komunikasi massa dialamatkan kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok dan bukan hanya satu atau beberapa individu atau sebagai khusus populasi. Komunikasi massa juga mempunyai anggapan tersirat akan adanya alat-alat khusus untuk menyampaikan komunikasi agar komunikasi dapat sampai pada saat yang sama. Semua orang mewakili berbagai masyarakat.
3.    Bentuk komunikasi massa dapat dibedakan dari corak-corak yang lama karena memiliki karakteristik utama, sebagai berikut: diarahkan kepada khalayak yang relatif besar heterogen anonim, pesan disampaikan secara terbuka seringkali dapat mencapai banyak khalayak, secara serentak, bersifat sekilas, komunikator cenderung berada atau bergerak dalam organisasi yang kompleks yang melibatkan biaya yang besar (Rakhmat,1983:212-213).

Berikutnya , mari kita singgung mengenai karakteristik atau ciri-ciri dari komunikasi publik dan komunikasi massa.


Komunikasi publik memiliki karakteristik atau ciri-ciri sebagai berikut:
1.       Ciri-ciri komunikasi publik
a.     Terjadi di tempat umum (publik), misalnya di auditorium, kelas, tempat ibadah (masjid, gereja) atau tempat lainnya
b.    Dihadiri sejumlah besar orang;
c.     Merupakan peristiwa sosial yang biasanya telah direncanakan alih-alih peristiwa relatif informal yang tidak terstruktur;
d.     Terdapat agenda; beberapa orang ditunjuk untuk menjalankan fungsi-fungsi khusus, seperti memperkenalkan pembicara, dan sebagainya; acara-acara lain mungkin direncanakan sebelum atau sesudah ceramah disampaikan pembicara.
Komunikasi publik sering bertujuan
a.      memberikan penerangan,
b.     menghibur,
c.     memberikan penghormatan, atau membujuk.

Macam-macam publik
Dalam lingkup organisasi/ perusahaan publik dibedakan menjadi:
a.    Publik internal dan publik eksternal
b.    Publik primer, sekunder, dan marjinal
c.    Proponent (publik yang memihak), opponent (publik yang menentang), dan  uncommitted yang berarti publik yang tidak peduli. Sebagai perbandingan, saat suatu perusahaan memiliki 40 dari 50 karyawan yang uncommitted maka perusahaan dapat dikatakan “tidak sehat”.
d.    Mayoritas diam (silent majority) dan minoritas vokal (vocal minority).

2.       Ciri-ciri Komunikasi Publik
a.       Pesan disampaikan untuk khalayak luas
b.       Bersifat umum
c.       Penyampaian pesan yang cepat
d.       Berjalan 1 arah (one way)
e.       Terencana, terjadwal, terorganisasi atau dikontrol oleh gate keeper
f.        Secara berkala
g.       Pesan mencakup beberapa bidang kehidupan manusia (sendjaja 2005:7)


Macam-macam media massa
a.     Audio
b.    Audio visual
c.     Cetak
d.    Internet
e.     dll




kemudian mari kita cari tahu apa fungsinya!!!

Fungsi komunikasi publik 



Menurut Onong Uchjana Effendi dalam buku Dimensi-dimensi Komunikasi beliau mempunyai pendapat mengenai tujuan komunikasi publik sebagai berikut :
a.    Memberikan informasi (Public Information) kepada masyarakat. Karena perilaku menerima informasi merupakan perilaku alamiah masyarakat. Dengan menerima informasi yang benar masyarakat akan merasa aman tentram. Informasi akurat diperlukan oleh beberapa bagian masyarakat untuk bahan dalam pembuatan keputusan. Informasi dapat dikaji secara mendalam sehingga melahirkan teori baru dengan demikian akan menambah perkembangan ilmu pengetahuan. Informasi disampaikan pada masyarakat melalui berbagai tatanan komunikasi, tetapi yang lebih banyak melalui kegiatan mass communication
b.      Mendidik masyarakat (Publik Education). Kegiatan komunikasi pada masyarakat dengan memberikan berbagai informasi tidak lain agar masyarakat menjadi lebih baik, lebih maju, lebih berkembang kebudayaannya. Kegiatan mendidik masyarakat dalam arti luas adalah memberikan berbagai informasi yang dapat menambah kemajuan masyarakat dengan tatanan komunikasi massa. Sedangkan kegiatan mendidik masyarakat dalam arti sempit adalah memberikan berbagai informasi dan juga berbagai ilmu pengetahuan melalui berbagai tatanan komunikasi kelompok pada pertemuan-pertemuan, kelas-kelas, dan sebagainya. Tetapi kegiatan mendidik masyarakat yang paling efektif adalah melalui kegiatan Komunikasi Interpersonal antara penyuluh dengan anggota masyarakat, antara guru dengan murid, antara pimpinan dengan bawahan, dan antara orang tua dengan anak-anaknya.
c.      Mempengaruhi masyarakat (Publik Persuasion). Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat juga dapat dijadikan sarana untuk mempengaruhi masyarakat tersebut ke arah perubahan sikap dan perilaku yang diharapkan. Misalnya mempengaruhi masyarakat untuk mendukung suatu pilihan dalam pemilu dapat dilakukan melalui komunikasi massa dalam bentuk kampanye, propaganda, selebaran-selebaran, spanduk dan sebagainya. Tetapi berdasarkan beberapa penelitian kegiatan mempengaruhi masyarakat akan lebih efektif dilakukan melalui Komunikasi Interpersonal.
d.      Menghibur masyarakat (Publik Entertainment). Perilaku masyarakat menerima informasi selain untuk memenuhi rasa aman juga menjadi sarana hiburan masyarakat. Apalagi pada masa sekarang ini banyak penyajian informasi melalui sarana seni hiburan. 

Fungsi Komunikasi Massa
Menurut Jay Hack & Federick C.Whitney (1988)
Yaitu, tujuan komunikasi massa sebagai berikut :
a.    Untuk Menginformasi (to Inform)
b.    Memberikan Hiburan ( to Entertaint)
c.     Membujuk ( to Persuade)
d.    Transmisi Budaya / Moderenisasi ( Transmision of The Culture)
Hampir sama dengan fungsi komunikasi publik , namun ada nilai menuju modereniasi untuk komunikasi massa.

Mungkin ini sebagian pengertian , ciri-ciri dan fungsinya. Mari belajar bersama untuk generasi komunikasi yang lebih maju. Sekian dan mohon kritik dan saranya ya.....
:D
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar