Dalam ilmu komunikasi, terkadang kita bingung bagaimana cara
kita untuk menerapkan ilmu tersebut. Ketika kita ingin berbicara didepan banyak
orang apa yang hendaknya harus kita siapkan. Dan ketika kita akan berbicara
dengan jumlah responden yang luas hendaknya apa yang perlu kita perlukan.
Teknik komunikasi ini dibedakan menurut target responden dan apa yang diperlukan(alat
, media atau yang lainya yaitu , teknik komunikasi publik dan teknik komunikasi
massa.
Apa itu komunikasi Publik? Sudahkah anda tahu....?
Dan apakah Komunikasi massa? Mari bersama-sama kita belajar disini.
Dan apakah Komunikasi massa? Mari bersama-sama kita belajar disini.
A.
PENGERTIAN KOMUNIKASI PUBLIK DAN KOMUNIKASI MASA
1. Komunikasi
Publik
Komunikasi
Publik adalah komunikasi yang dilakukan didepan banyak orang. Komunikasi ini
menyampaikan suatu informasi, ajakan, gagasan. Dengan menggunakan cara orasi
pada rapat umum atau aksi demonstrasi , sosialisasi, kampanye keselamatan
maupun dakwah islami atau yang lainya. Yang pasti komunikasi publik ini
memerlukan keterampilan komunikasi baik lisan maupun tulisan agar pesan yang
disampaikan secara efektif dan efisien.
Diatas
itu adalah pengertian komunikasi publik, menurut saya.
Bagaimana
menurut para ahli??
Hennessy pada tahun 1975
“Komunikasi publik/opini publik merupakan suatu
kompleksitas pilihan-pilihan yang dinyatakan oleh banyak orang berkaitan dengan
sesuatu isu yang dipandang penting oleh umum.”
Menurutnya, defenisi ini relatif lebih bersifat
akademik dan berbeda dari definisi-definisi yang pada umumnya yang digunakan
oleh para politisi. Ia juga menambahkan bahwa opini publik itu selalu
melibatkan banyak orang yang tertarik untuk memikirkan sesuatu isu dalam waktu
yang cukup panjang. Meskipun demikian, istilah “publik” sendiri tidak selalu
ditentukan oleh banyak jumlah orang yang menganut opini tersebut. Istilah
“Publik” justru diukur oleh apakah sesuatu opini itu menyangkut isu publik atau
tidak.
Hageman
“Komunikasi publik adalah komunikasi yang menggunakan
media massa, baik cetak (surat kabar dan majalah) atau elektronik (radio,
televisi), yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang yang melembagakan yang
ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar di banyak tempat.”
De Vito dalam bukunya yang berjudul “Communicology: An Introduction to The Study of Communication.”
“Komunikasi publik adalah komunikasi yang ditujukan
kepada khalayak yang luar biasa banyaknya (termasuk kepada siswa) atau semua
orang yang membaca dan menonton. Komunikasi publik adalah komunikasi yang
disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio atau visual.”
Dari beberapa pendapat tentang komunikasi publik
diatas, Komunikasi Publik adalah salah satu tipe dari komunikasi yang
menunjukan suatu proses komunikasi dimana pesan yang disampaikan oleh
sumber/komunikator di depan khalayak yang lebih besar atau masyarakat dan dalam situasi tatap muka.
Pengertian Komunikasi Massa,
Severind dan
Tandkard, Jr menyebutkan bahwa komunikasi massa adalah
keterampilan, seni, ilmu.
Devito bahwa komunikasi massa ditujukan kepada massa dengan
melalui media massa dibandingkan dengan jenis-jenis komunikasi lainnya.
Jalaluddin Rakhmat
merangkum bahwa komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada
sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau
elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat
(Rakhmat, 2008).
Seperti yang disimpulkan oleh Meletzke (1983), yang
dikutip Jalludin Rakhmat dalam bukunya Psikologi Komunikasi:
1.
Komunikasi kita artikan setiap bentuk komunikasi massa
yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis
secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar.
2. Komunikasi massa dibedakan dengan komunikasi lainnya
dengan suatu kenyataan bahwa komunikasi massa dialamatkan kepada sejumlah
populasi dari berbagai kelompok dan bukan hanya satu atau beberapa individu atau
sebagai khusus populasi. Komunikasi massa juga mempunyai anggapan tersirat akan
adanya alat-alat khusus untuk menyampaikan komunikasi agar komunikasi dapat
sampai pada saat yang sama. Semua orang mewakili berbagai masyarakat.
3.
Bentuk komunikasi massa dapat dibedakan dari
corak-corak yang lama karena memiliki karakteristik utama, sebagai berikut:
diarahkan kepada khalayak yang relatif besar heterogen anonim, pesan
disampaikan secara terbuka seringkali dapat mencapai banyak khalayak, secara
serentak, bersifat sekilas, komunikator cenderung berada atau bergerak dalam
organisasi yang kompleks yang melibatkan biaya yang besar
(Rakhmat,1983:212-213).
Berikutnya , mari kita singgung mengenai karakteristik atau ciri-ciri dari komunikasi
publik dan komunikasi massa.
Komunikasi publik memiliki karakteristik atau
ciri-ciri sebagai berikut:
1. Ciri-ciri komunikasi publik
a. Terjadi di tempat umum (publik), misalnya di
auditorium, kelas, tempat ibadah (masjid, gereja) atau tempat lainnya
b. Dihadiri sejumlah besar orang;
c. Merupakan peristiwa sosial yang biasanya
telah direncanakan alih-alih peristiwa relatif informal yang tidak terstruktur;
d. Terdapat agenda; beberapa orang ditunjuk untuk
menjalankan fungsi-fungsi khusus, seperti memperkenalkan pembicara, dan
sebagainya; acara-acara lain mungkin direncanakan sebelum atau sesudah ceramah
disampaikan pembicara.
Komunikasi
publik sering bertujuan
a. memberikan penerangan,
b. menghibur,
c. memberikan penghormatan, atau membujuk.
Macam-macam publik
Dalam lingkup organisasi/ perusahaan publik dibedakan menjadi:
a. Publik internal dan publik eksternal
b. Publik primer, sekunder, dan marjinal
c. Proponent (publik yang memihak), opponent (publik yang menentang), dan uncommitted yang berarti publik yang tidak peduli. Sebagai perbandingan, saat suatu perusahaan memiliki 40 dari 50 karyawan yang uncommitted maka perusahaan dapat dikatakan “tidak sehat”.
d. Mayoritas diam (silent majority) dan minoritas vokal (vocal minority).
2.
Ciri-ciri
Komunikasi Publik
a.
Pesan
disampaikan untuk khalayak luas
b.
Bersifat
umum
c.
Penyampaian
pesan yang cepat
d.
Berjalan 1
arah (one way)
e.
Terencana,
terjadwal, terorganisasi atau dikontrol oleh gate keeper
f.
Secara
berkala
g.
Pesan
mencakup beberapa bidang kehidupan manusia (sendjaja 2005:7)
Macam-macam
media massa
a.
Audio
b.
Audio visual
c.
Cetak
d.
Internet
e.
dll
kemudian mari kita cari tahu apa
fungsinya!!!
Fungsi komunikasi publik
Menurut Onong
Uchjana Effendi dalam buku Dimensi-dimensi
Komunikasi beliau mempunyai pendapat mengenai tujuan komunikasi publik
sebagai berikut :
a. Memberikan
informasi (Public Information) kepada masyarakat. Karena perilaku menerima
informasi merupakan perilaku alamiah masyarakat. Dengan menerima informasi yang
benar masyarakat akan merasa aman tentram. Informasi akurat diperlukan oleh
beberapa bagian masyarakat untuk bahan dalam pembuatan keputusan. Informasi
dapat dikaji secara mendalam sehingga melahirkan teori baru dengan demikian
akan menambah perkembangan ilmu pengetahuan. Informasi disampaikan pada
masyarakat melalui berbagai tatanan komunikasi, tetapi yang lebih banyak
melalui kegiatan mass communication
b. Mendidik masyarakat (Publik Education). Kegiatan
komunikasi pada masyarakat dengan memberikan berbagai informasi tidak lain agar
masyarakat menjadi lebih baik, lebih maju, lebih berkembang kebudayaannya.
Kegiatan mendidik masyarakat dalam arti luas adalah memberikan berbagai
informasi yang dapat menambah kemajuan masyarakat dengan tatanan komunikasi
massa. Sedangkan kegiatan mendidik masyarakat dalam arti sempit adalah memberikan
berbagai informasi dan juga berbagai ilmu pengetahuan melalui berbagai tatanan
komunikasi kelompok pada pertemuan-pertemuan, kelas-kelas, dan sebagainya.
Tetapi kegiatan mendidik masyarakat yang paling efektif adalah melalui kegiatan
Komunikasi Interpersonal antara penyuluh dengan anggota masyarakat, antara guru
dengan murid, antara pimpinan dengan bawahan, dan antara orang tua dengan
anak-anaknya.
c. Mempengaruhi masyarakat (Publik Persuasion). Kegiatan
memberikan berbagai informasi pada masyarakat juga dapat dijadikan sarana untuk
mempengaruhi masyarakat tersebut ke arah perubahan sikap dan perilaku yang
diharapkan. Misalnya mempengaruhi masyarakat untuk mendukung suatu pilihan
dalam pemilu dapat dilakukan melalui komunikasi massa dalam bentuk kampanye,
propaganda, selebaran-selebaran, spanduk dan sebagainya. Tetapi berdasarkan
beberapa penelitian kegiatan mempengaruhi masyarakat akan lebih efektif
dilakukan melalui Komunikasi Interpersonal.
d. Menghibur masyarakat (Publik Entertainment). Perilaku
masyarakat menerima informasi selain untuk memenuhi rasa aman juga menjadi
sarana hiburan masyarakat. Apalagi pada masa sekarang ini banyak penyajian
informasi melalui sarana seni hiburan.
Fungsi Komunikasi Massa
Menurut Jay Hack & Federick C.Whitney (1988)
Yaitu, tujuan komunikasi massa sebagai berikut :
a.
Untuk Menginformasi (to Inform)
b.
Memberikan Hiburan ( to Entertaint)
c.
Membujuk ( to Persuade)
d.
Transmisi Budaya / Moderenisasi ( Transmision of The
Culture)
Hampir sama dengan fungsi komunikasi publik , namun
ada nilai menuju modereniasi untuk komunikasi massa.
Mungkin ini sebagian pengertian , ciri-ciri dan
fungsinya. Mari belajar bersama untuk generasi komunikasi yang lebih maju.
Sekian dan mohon kritik dan saranya ya.....
:D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar